0852-1321-1110 halo@nalomedu.com

Bismillah, Assalamualaikum Wr. Wb. 

Salam sehat dan sejahtera untuk kita semua ya Sahabat NE dan Ayah Bunda

Pada kesempatan kali ini TIM NE akan membahas mengenai Manfaat Membaca pada Anak Sejak Dini.

Seperti yang kita ketahui, membaca adalah kegiatan yang memiliki banyak manfaat salah satunya untuk mendapatkan informasi secara tertulis. Namun sayangnya saat ini minat dan budaya membaca masyarakat di Indonesia cenderung sangat sedikit, terutama bagi anak-anak. Hal ini dikarenakan banyaknya aktifitas lain yang dapat dilakukan oleh anak-anak yang lebih ‘menyenangkan’ dan bersifat menghibur seperti tayangan televisi, video games, dan lainnya.

Apa saja manfaat membaca bagi anak?

1. Melatih konsentrasi

Membaca memang membutuhkan konsentrasi dan perhatian yang cukup lama ya Ayah Bunda. Suasana ini ‘memaksa’ anak untuk tetap berada pada situasi tenang untuk dapat memahami dan menerima informasi. Dengan mengajak sang anak membaca sejak dini, maka kemampuan konsentrasi anak juga akan terlatih melalui cerita yang dibacakan.

2. Mengembangkan imajinasi dan kreatifitas  anak

Dengan membaca, anak akan terlatih untuk mengembangkan imajinasi dan kreatifitasnya. Semakin variatif informasi yang diterima, maka rasa ingin tahunya akan semakin tinggi, dan memberikan kesempatan untuk berinovasi dan mempelajari berbagai hal baru.

3. Membangun konsep dan membuat analisa

Membaca adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi secara tertulis. Membaca juga memberikan kesempatan untuk memadukan ide, membuat analisa dan menyusun konsep berdasarkan pengetahuan yang dimiliki.

Mengapa Anak Perlu Diajak Gemar Membaca Sejak Kecil?

Budaya membaca tidak bisa serta merta bisa dilakukan oleh semua orang, namun harus dibiasakan dan dipupuk sejak kecil, dan dimulai dari lingkungan keluarga. Jika sejak kecil terbiasa memiliki waktu untuk membaca, sang anak akan menjadikan membaca adalah sebuah kebutuhan. Selain itu, orang tua yang gemar membaca akan memberikan kebiasaan yang sama kepada anak. Jangan lupa untuk tetap mendampingi anak saat membaca, dan pastikan buku yang dibaca adalah buku yang tepat dan sesuai dengan usianya.

Apa yang Perlu Ayah Bunda Lakukan Agar Anak Gemar Membaca?

Berikut ini Tim NE telah merangkum apa saja yang bisa Ayah Bunda lakukan agar anak gemar membaca :

-Ayah Bunda bisa sering mengajak anak ke toko buku. Hal ini akan menjadikan anak terbiasa dengan tempat-tempat yang menyediakan berbagai macam buku.

-Ayah Bunda bisa membelikan buku apa yang menjadi favoritnya. Biarkan ia memilih sendiri buku mana yang menarik perhatiannya sehingga ia akan terbiasa membaca buku tersebut. Tetapi  pemilihan buku harus tetap dalam pengawasan Ayah Bunda.

-Buatlah perpustakaan kecil dirumah. Anak yang gemar membaca akan selalu senang untuk  menghabiskan waktunya dengan membaca buku, Ayah Bunda bisa membuatkannya perpustakaan kecil dirumah. Isilah perpustakaan tersebut dengan beragam buku yang menyenangkan namun  tetap mengandung unsur ilmu pengetahuan.

-Luangkan waktu untuk membaca salah satu buku kegemaran sang anak. Dengan hal ini anak akan merasa diperhatikan dan menilai jika Ayah Bunda sangat mendukung kegemarannya.

Bagaimana Jika Ayah Bunda Tidak Memiliki Waktu Luang Bagi Anak?

Alhamdulillah Sahabat NE dan Ayah Bunda, Lembaga bimbingan belajar Nalom Education (NE) saat ini telah hadir di tengah-tengah kita dan menjadi salah satu solusi dalam membantu proses belajar pada anak. Lembaga bimbingan belajar NE bekerja sama dengan Tutor-Tutor yang berkompeten, disiplin, dan juga siap membantu mengatasi kesulitan belajar pada anak Ayah Bunda.

Calistung Anak Usia Pra-TK, TK, SD di Jabodetabek.

Fasilitas Apa Saja yang Diberikan oleh Nalom Edu sebagai Lembaga Bimbingan Belajar?

Insya Allah Nalom Edu berupaya untuk memberikan fasilitas terbaik bagi anak-anak Ayah Bunda, fasilitas tersebut diantaranya :

  1. Tutor yang berkompeten dalam bidangnya.
  2. RPP atau SILABUS Belajar.
  3. Laporan belajar / Monitoring bulanan Orang Tua.

Berapa Biaya Perbulan atau Adakah Paket Belajarnya?

Prihal biaya atau paketnya Nalom Edu menyediakan paket 24 dan 48.

Silahkan cek disini untuk update biayanya.

Bagaimana dengan Jangkauan Wilayah Belajar di Nalom Edu dan Cara Pendaftarannya?

Saat ini jangkauan area belajar di Nalom Edu meliputi JABODETABEK. Untuk wilayah Jakarta Timur (Cibubur, Pasar rebo, Condet, Rawamangun, Cipinang, Jatinegara, Kp. Melayu, Durensawit dll). Jakarta Selatan (Pasar minggu, Kalibata, Pancoran, Tebet, Kebayoran baru, Kebayoran lama dll). Jakarta Pusat (Gambir, Kemayoran, Menteng, Tanah Abang, Harapan Mulya dll). Jakarta Barat (Cengkareng, Kebon Jeruk, Kalideres, Tambora, Tanah Sereal, Slipi dll). Jakarta Utara (Koja, Kelapa Gading, Ancol, Pademangan, Sunter, Tugu dll)

Bagi sahabat NE atau Ayah Bunda yang berniat mendaftarkan putra/putrinya pada program Kursus Baca Tulis Anak di Jakarta Timur ini silahkan isi data lengkap Anda pada Form Registrasi.

Atau silahkan hubungi 0852 1321 1110 layanan respon cepat.

Bisa juga datang langsung ke Kantor Nalom Edu Jalan SMP N 258 No. 15C RT/RW 005/010 Kel. Cibubur Ciracas Jakarta Timur.

Semoga info mengenai program Calistung Anak Usia Pra-TK, TK, SD di Jabodetabek ini bisa membantu Sahabat NE dan Ayah Bunda.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb