0852-1321-1110 halo@nalomedu.com

Bismillahirrahmaanirrahiim, Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hai Sahabat NE, Sudahkah Sahabat NE membaca Al-Qur’an hari ini? Bagi yang belum yuk luangkan waktunya untuk membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Berbicara mengenai membaca Al-Qur’an, pernahkah Sahabat NE melihat acara perlombaan membaca dan menghafal Al-Qur’an di TV yang diikuti khusus untuk anak-anak?

Melihat acara tersebut pasti kita sangat terkesima kepada anak-anak yang masih belia yang sudah mampu menghafal beberapa juz Al-Qur’an hingga ada yang sudah menghafal seluruh juz dalam Al-Qur’an. MasyaAllah.

Hal tersebut tentunya dapat menjadi salah satu motivasi bagi yang sudah dewasa agar semangat mempelajari dan menghafal Al-Qur’an.

Lalu, bagi Sahabat NE yang sudah menjadi Ayah dan Bunda pastinya menginginkan anak kita menjadi anak yang shalih dan shalihah serta menjadi Hafidz dan Hafidzah Qur’an, bukan?

“Didiklah anak-anakmu pada tiga perkara, yaitu mencintai Nabi kamu, mencintai ahli baitnya dan membaca Al-Qur’an, sebab orang-orang yang memelihara Al-Qur’an itu berada dalam lindungan singgasana Allah SWT pada hari tidak ada perlindungan selain dari pada perlindungan-Nya beserta para Nabinya dan orang-orang suci,” (H.R. Ath-Thabrani).

Dilansir dalam laman Abiummi.com, bagi para orang tua yang ingin mengajarkan Al-Qur’an sejak dini pada anak dapat memakai metode Urtujah. Apa itu metode Urtujah? Yuk kita simak.

Metode Urtujah

Metode Urtujah merupakan metode mengenalkan Al-Qur’an yang ramah anak. Metode ini pertama kali dikenalkan oleh Dr. Sarmini, Lc. MA, penulis buku “Alhamdulillah, Balitaku Khatam Al-Qur’an”.

Menurut Dr. Sarmini masa anak merupakan masa bermain. Namun hal itu bukan berarti orang tua tidak mengajarkan Al-Qur’an sama sekali. Al-Qur’an dapat diperkenalkan kepada anak sejak kecil tanpa mengurangi fitrah anak.

Kapan Waktu untuk Memulainya?

Menurut Dr. Sarmini Al-Qur’an dapat mulai diajarkan kepada anak secara bertahap saat anak sudah bisa mengucapkan dua suku kata.

Misalnya “Ma-ma”

“Pa-pa”

Langkah-Langkah Metode Urtujah

Dalam metode Urtujah, Al-Qur’an diperkenalkan kepada anak secara bertahap.

Pertama, perkenalkan huruf-huruf Al-Qur’an yang mudah terlebih dahulu, misalnya Ma, Ba, Ka.

Kedua, huruf yang diajarkan tidak harus berurut. Bisa diajarkan dari yang mudah terlebih dahulu.

Ketiga, hindari mengajarkan huruf hijaiyah yang pengucapannya mirip pada perkenalan, misalnya Ta, Tsa dan Ja.

Keempat, hindari mengenalkan huruf hijaiyah yang simbolnya mirip, misalnya huru Sa dan Sya.

Kelima, mengenalkan huruf hijaiyah yang sedikit sulit pengucapannya setelah selesai mempelajari semuanya. Misalnya Kho, Dho.

Nah, sekarang kita tahu bagaimana metode Urtujah itu ya Sahabat NE. Metode apapun yang digunakan, semuanya tergantung dari ketelatenan orang tua mengajarkan Al-Qur’an pada anak.

Bagi Sahabat NE yang sudah memiliki buah hati namun harus tetap bekerja sehingga hanya memiliki waktu yang sedikit untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada anak, jangan khawatir. Kini Tim NE memiliki program belajar mengaji yang pengajarnya datang ke rumah kita.

Program Nyantren Privat

Guru Ngaji Privat untuk Anak, Orang Dewasa, Pemula dan Mualaf

DAFTAR

Program Nyantren Privat merupakan upaya peningkatan pengetahuan umat muslim untuk lebih mengenal Islam dengan ustadz dan ustadzah datang ke rumah (guru ngaji privat).

Visi dan misinya yakni mencetak generasi yang cinta terhadap Al-Qur’an.

Ustad dan Ustadzah ke rumah ini kami bungkus dalam satu program yang bernama Insan Qur’ani (IQ).

Pada segi materi, IQ berfokus pada baca dan tulis Al-Qur’an bagi anak-anak, orang dewasa, Pemula, Mualaf dan Keluarga.

Namun dalam praktiknya tambahan pengetahuan seputar Fiqih (Hukum-hukum Islam), dan Muamalah (Sosial) diikut sertakan dalam pembahasan setiap belajar.

Santri akan mendapatkan kumpulan materi dalam bentuk Rencana Proses Pembelajaran (RPP) dan Silabus. Hal ini memudahkan dalam proses monitoring Sahabat Santren.

Jangkauan Program IQ di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi

Selain dari segi materi yang luas. Jangkauan program IQ sudah bisa dinikmati di area Jabodetabek.

Daerah jakarta sendiri meliputi Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Wilayah Jakarta Timur meliputi Cibubur, Pasar Rebo, Condet, Rawamangun, Cipinang, Jatinegara, Kp. Melayu, Duren Sawit dan sekitanya.

Jakarta Selatan meliputi Pasar Minggu, Kalibata, Pancoran, Tebet, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama dan sekitarnya.

Jakarta Pusat meliputi Gambir, Kemayoran, Menteng, Tanah Abang, Harapan Mulya dan sekitarnya.

Jakarta Barat meliputi Cengkareng, Kebon Jeruk, Kalideres, Tambora, Tanah Sereal, Slipi dan sekitarnya

Jakarta Utara meliputi Koja, Kelapa Gading, Ancol, Pademangan, Sunter, Tugu dan sekitarnya.

Masih banyak lagi daerah yang sudah bisa menikmati layanan IQ di Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Ustadz dan Ustadzah

Ustadz dan Ustadzah yang bekerjasama dengan Nyantren merupakan Mahasiswa atau alumni perguruan tinggi Islam.

Mayoritas Ustadz dan Ustadzah telah memiliki sertifikat tahsin dan hafalan Al-Qur’an yang baik.

Karena pada proses penyeleksian dua hal diatas merupakan syarat dan ketentuan yang harus dimiliki oleh pengajar di Nyantren.

Usia Ustadz dan Ustadzah di Nyantren terbilang muda yakni dibawah usia 35 tahun. Agar proses pembelajaran lebih friendly.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika Sahabat Santren memiliki permintaan Ustadz atau Ustadzah lebih dewasa agar lebih tegas dalam proses belajar.

Nyantren akan siap melalukan kerjasama dengan Ustadz dan Ustadzah tersebut.

Prihal asal kampus dan pondok pesantren Ustadz dan Ustadzah beragam seperti Gontor, LIPIA Jakarta, Al-Hikmah Jakarta, STEI SEBI, UIN Syarif Hidayatullah dan kampus Islam lainnya.

Tingkatan Santri Pada Program IQ

Proses pembelajaran pada program IQ berdasarkan kemampuan santri.

Pada level dasar, materi Al-Qur’an mulai dari Iqra yakni mengenal huruf Hijaiyah. Materi Fiqih akan dimulai dari cara bersuci dengan benar sesuai tuntunan Rasulullah SAW.

Pada level lanjutan, materi baca tulis Al-Qur’an sudah masuk pada tahap pembenaran bacaan (Tahsin). Fokus pada panjang dan pendek dan hukum bacaan yang benar.

Level Atas yakni bagi sahabat yang sudah baik bacaan Al-Qur’an nya dan ingin menghafal. Nyantren memfasilitasi kebutuhan Sahabat Santren dengan bekerjasama dengan Ustadz atau Ustadzah.

Pada setiap tingkat, Tim akan melalukan pretest agar siswa dikelompokan sesuai tingkatannya. Agar target sesuai dengan kemampuan awal siswa maka estimasi waktu yang perlu digunakan selama proses belajar bisa diketahui.

Cara Mendaftar di Program IQ

Tahap 1

Sahabat Santren melakukan perdaftaran Online disini. Kemudian dalam 1-2 jam custumor service nyantren.com akan menghubungi melalui nomor telepon yang didaftarkan, untuk memandu pengisian form pendaftaran.

atau

Sahabat Santren menghubungi custumor service di 0852 1321 1110 (Telp atau WA) atau nyantrencoid@gmail.com. Kemudian nyantren.com akan melampirkan form pendaftaran yang harus diisi oleh Sahabat Santren, dan dikirim kembali melalui WA atau Email.

Tahap II

Melakukan pembayaran akad via Transfer Bank . Biaya Akad diambil dari biaya belajar.

Tahap III

Curiculum Vitea (CV) Ustadz atau Ustadzah akan dikirimkan paling lambat 4 hari kerja.

Tahap IV

Setelah pertemuan belajar pertama Sahabat Santren dapat mengkonfirmasi kecocokan dengan Ustadz dan Ustadzah. Apabila tidak terjadi kecocokan disertai dengan alasan yang jelas, maka wali atau Sahabat Santren bisa melakukan klaim pergantian pengajar (kembali pada tahap ke-III).

Semoga bermanfaat ya

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.