0852-1321-1110 halo@nalomedu.com

Bismillah, Assalamualaikum Wr. Wb. 

Salam sehat dan sejahtera untuk kita semua ya Sahabat NE dan Ayah Bunda

Pada kesempatan kali ini TIM NE akan membahas mengenai Bagaimana Cara Menerapkan Disiplin Belajar Pada Anak

Apa yang di Maksud dengan Disiplin?

Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh dalam melakukan sesuatu yang menjadi tanggung jawabnya atau dengan kata lain suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam melaksanakan tanggung jawab sudah seharusnya dilakukan. Misalnya, bagi seorang anak mempunyai tanggung jawab untuk tidur tidak larut malam ketika di rumah dan datang tepat waktu untuk mengikuti pelajaran di sekolah.

Mengapa Disiplin dalam Belajar itu Penting?

Seorang anak yang memiliki karakter disiplin dan bisa melaksanakan tanggung jawabnya dengan mudah dan dapat menyelesaikannya dengan baik maka akan menimbulkan contoh positif bagi anak-anak lain atau teman-teman seusianya yang tingkat kedisiplinannya masih terbilang kurang. Anak yang tingkat kedisiplinan belajarnya tinggi bisa mempengaruhi anak-anak lain sehingga nantinya proses belajar pun akan menjadi semakin baik. Lingkungan belajar yang baik akan senantiasa membentuk pribadi anak yang baik pula.

Bagaimana Sikap Ayah Bunda Seharusnya dalam Menerapkan Disiplin Belajar pada Anak?

Berikut ini ada beberapa tips yang telah Tim NE rangkum untuk menerapkan sikap disiplin dalam belajar pada anak :

  • Konsisten pada tempat dan waktu untuk belajar.

Jika sudah masuk waktu belajar segeralah ajak anak belajar. Misalkan anak punya meja belajar sendiri di rumah. Begitu masuk waktu belajar dan si anak sudah duduk di kursinya maka tidak boleh mengerjakan kegiatan yang lain selain belajar. Ini mengenalkan anak pada disiplin waktu dan disiplin tempat.

  • Ajarkan perencanaan belajar pada mereka. Beri target apa yang harus dikerjakan

Beri mereka target-target belajar yang tidak terlalu menekan. Jika anak meras tertekan mereka akan mudah jenuh dalam belajar. Didik dan selalu bimbing mereka untuk menyelesaikan apa harus mereka selesaikan. Misalkan mengerjakan soal hitung-hitungan sepuluh soal atau membaca dua lembar buku cerita.

  • Membuat perjanjian

Soal disiplin meski tampak sepele ada baiknya anak juga ikut serta dalam menentukan konsekuensi apa yang akan didapatkan jika mereka berbuat salah atau tidak disiplin dalam belajar. Sebagai orang tua, Ayah Buna harus mengingatkan tentang konsekuensi ini jika anak mulai tidak konsisten dengan kewajiban-kewajibannya. Apabila si anak melanggar, ayah bunda juga harus tegas dalam menjalankan konsekuensi tersebut.

  • Buat catatan prestasi

Buatlah catatan prestasi tentang apa saja yang sudah dilakukan anak. Anak akan sangat senang jika setiap kali dia belajar dan menyelesaikan tugas dia mendapat “bintang” yang ditempel di dinding kamarnya atau nilai A yang ditulis dalam buku catatan khususnya. Hal ini bertujuan untuk memotivasi anak agar disiplin belajar dan semangat belajarnya tetap konsisten.

  • Ajak anak untuk mengikuti kursus belajar

Jika Ayah Bunda tidak banyak memiliki waktu luang, ajaklah anak untuk mengikuti kursus belajar. Dengan mengikuti kursus belajar otomatis peraturan yang diberlakukan di tempat kursus harus dipatuhi oleh anak. Hal ini akan menimbulkan sikap mandiri dan membiasakan anak untuk bersikap disiplin di setiap tempat baik di rumah, sekolah, maupun di tempat pendidikan non-formal seperti tempat kursus belajar ini.

Adakah Kursus Belajar yang Bisa Membantu dalam Menerapkan Sikap Disiplin Belajar pada Anak?

Alhamdulillah Sahabat NE dan Ayah Bunda, Lembaga bimbingan belajar Nalom Education (NE) saat ini telah hadir di tengah-tengah kita dan menjadi salah satu solusi dalam membantu menerapkan sikap disiplin belajar pada anak. Lembaga bimbingan belajar NE bekerja sama dengan Tutor-Tutor yang berkompeten, disiplin, dan juga siap membantu mengatasi kesulitan belajar pada anak Ayah Bunda.

Fasilitas Apa Saja yang Diberikan oleh Nalom Edu sebagai Lembaga Bimbingan Belajar?

Kursus Baca Tulis Hitung

DAFTAR

Insya Allah Nalom Edu berupaya untuk memberikan fasilitas terbaik bagi anak-anak Ayah Bunda, fasilitas tersebut diantaranya :

  1. Tutor yang berkompeten dalam bidangnya.
  2. RPP atau SILABUS Belajar.
  3. Laporan belajar / Monitoring bulanan Orang Tua.

Berapa Biaya Perbulan atau Adakah Paket Belajarnya?

Prihal biaya atau paketnya Nalom Edu menyediakan paket 24 dan 48.

Silahkan cek disini untuk update biayanya.

Bagaimana dengan Jangkauan Wilayah Belajar di Nalom Edu dan Cara Pendaftarannya?

Saat ini jangkauan area belajar di Nalom Edu meliputi JABODETABEK.

Untuk wilayah Jakarta Timur meliputi Cibubur, Pasar rebo, Condet, Rawamangun, Cipinang, Jatinegara, Kp. Melayu, Durensawit dan sekitar.

Jakarta Selatan  meliputi Pasar minggu, Kalibata, Pancoran, Tebet, Kebayoran baru, Kebayoran lama dan sekitar.

Jakarta Barat meliputi Cengkareng, Kebon Jeruk, Kalideres, Tambora, Tanah Sereal, Slipi dan sekitar.

Jakarta Utara meliputi Koja, Kelapa Gading, Ancol, Pademangan, Sunter, Tugu dan sekitar.

Jakarta Pusat meliputi Sarinah, Thamrin, Kemayoran, Karet dan Sekitar.

Cara Daftar Siswa

Bagi sahabat NE atau Ayah Bunda yang berniat mendaftarkan putra/putrinya pada program Kursus Baca Tulis Anak di Jakarta Timur ini silahkan isi data lengkap Anda pada Form Registrasi.

Atau silahkan hubungi 0852 1321 1110 layanan respon cepat.

Bisa juga datang langsung ke Kantor Nalom Edu Jalan SMP N 258 No. 15C RT/RW 005/010 Kel. Cibubur Ciracas Jakarta Timur.

Semoga info mengenai program Kursus Belajar Calistung Anak di Jabodetabek ini bisa membantu Sahabat NE dan Ayah Bunda.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb