0852-1321-1110 halo@nalomedu.com

Bimbel Matematika di Cibubur

Selamat Pagi Sahabat NE, semoga dalam keadaan sehat. Beberapa tahun terakhir Tim NE baik privat maupun bimbel mengidentifikasi beberapa permasalahan menganai ketakutan anak terhadap matematika. Salah satu penyebabnya yakni tidak mengenai ZPD anak. Apasih ZPD anak itu. Berikut penjelasanya:

Zone of Proximal Development (ZPD) Anak

Menurut Lev Vygotsky (1896-1934),  mengatakan bahawa perkembangan anak-anak akan lebih maksimal jika dibimbing oleh orang-orang dewasa dibidangnya. Pada tahap pembelajaran anak memiliki kemampuan dasar dimana  mereka secara alami ada pada fase-fase perkembangan secara kognitifnya. Berikut tingkatan usia sesuai dengan perkembangan alami kognitifnya :

  • Pada usia 1-6 tahun, anak suka bermain dan berada didunia konkrit. Pada tahap ini anak memerlukan bantuan orang dewasa untuk mengenal angka dan huruf mulai dari simbol, lafal dan kuantitasnya. Silahkan gunakan alat peraga untuk membantu pengenalan terhadap kuantitas ya Bunda dan Ayah.
  • Pada Usia 6-12 tahun, anak-anak memasuki dunia transisi. Dimana pada usia ini anak berada antara dunia konkrit dan abstrak. Semisal alat peraga kubus dengan bentuk persegi bervolume. Pada tahap akhir mereka sudah diajarkan bagaimana cara menggambarkan kubus pada buku. Sehingga pada tahap ini anak sudah memasuki dunia abstrak atau pengandaian.
  • Pada Usia 12-16 tahun, Anak-anak memasuki dunia abstrak sepenuhnya. Pada fase usia ini, anak-anak sudah sepenuhnya meninggalkan alat peraga. Anak-anak sudah terbiasa untuk menyajikan data dengan gamabr dan diagram.
  • Pada Usia 16-21 Tahun, anak-anak memasuki babak baru yakni analisa. Anak-anak akan diminta untuk menganalisa dari permasalahan, membuat pola dan menyelesaikanya. Tahap ini permasalahan bagaimana membuat gambar dan grafik. Anak-anak sudah memasuki tahap yang mempengaruhi berupa variabel yang menyebabkan grafik naik atau turun.

Apakah Ayah dan Bunda sering mendapati mengapa anak-anak sulit beradaptasi ketika mereka berada difase transisi. Seperti kenaikan tingkat dari SD ke SMP dan SMP ke SMA. Anak-anak akan mendapati fase yang sulit. Hal ini normal Ayah dan Bunda, namun harus ditindak dengan cepat. Membiarkan situasi ini akan menyebabkan anak frustasi. Penting bagi pembimbing yang ahli dibidangnya untuk membimbing anak pada fase ini.

Bimbel Matematika di Cibubur, Ciracas dan Mekarsari.

Solusinya bisa berkonsultasi dengan Tim NE mengenai ZPD putra dan putri Anda.  Layanan untuk konsultaasi datang bisa dikantor Kami di Jalan SMP N 258 No. 15C Cibubur. Sedangkan untuk layanan Privat kami menyediakan jasa privat guru datang ke rumah di area JABODETABEK untuk Matematika dan seluruh mata pelajaran sekolah.

More info : 0852 1321 1110